Pulsa

Pengertian Pulsa?

Pulsa adalah satuan perhitungan biaya telepon. Sebelum masuknya kita ke era telepon genggam, istilah pulsa memang belum terlalu populer karena pada era tersebut masyarakat masih menggunakan telepon konvensional jaringan telepon tetap/PSTN atau jaringan telepon yang menggunakan kabel. Perhitungan tagihan biaya telepon pada masa itu hanya menggunakan sistem tagihan pascabayar (pakai dulu baru bayar). Jadi belum ada istilah pulsa karena belum ada yang namanya prabayar (bayar dulu baru pakai) seperti pulsa yang kita gunakan saat ini.

pulsa

Sekarang mari kita bahas arti kata pulsa dari berbagai sumber...

 

Arti Pulsa Menurut Wikipedia

Pulsa (bahasa Inggris: mobile payment) adalah pembayaran bagi barang atau jasa menggunakan perangkat bergerak seperti telepon genggam atau PDA. Pembayaran sejenis ini dapat merujuk kepada pembayaran menggunakan pulsa telepon genggam maupun pembayaran menggunakan telepon genggam yang dapat berkomunikasi dengan perangkat tujuan dengan memanfaatkan teknologi nirkabel seperti Near Field Communication.

 

Sekarang mari kita lihat pengertian pulsa menurut KBBI.

 

Arti Pulsa Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pulsa /pul:sa/ adalah:

  1. Denyut nadi yang terjadi karena detak jantung.
  2. Tegangan atau arus yang berlangsung beberapa lama berbentuk segi empat atau gelombang sinus.
  3. Satuan dalam perhitungan biaya telepon.
  4. Mus rangkaian denyutan berulang secara teratur yang terasa dalam musik, jika pulsa itu terdengarkan disebut ketukan.

 

Merujuk pada arti pulsa menurut KBBI diatas terdapat 4 makna yang berbeda. Namun ada satu makna yang mendekati yaitu yang nomor 3 " pulsa adalah satuan dalam perhitungan biaya telepon.

 

Pulsa Menurut Masyarakat

Sekarang kita sudah dapat satu petunjuk arti pulsa dari penjelasan diatas, lalu apakah itu berarti yang sering kita sebut pulsa adalah biaya? Lalu kenapa kita malah membeli biaya? :). Biar lebih jelas, Yuk perhatikan contoh dibawah ini biar lebih jelas :).

 

"Mbak saya mau beli pulsa XL yang 5.000 ya". Jika kita merujuk pada arti pulsa menurut KBBI diatas maka arti kalimat disamping menjadi "Mbak saya mau beli satuan perhitungan biaya telepon yang 5.000 ya" sekilas hal tersebut terlihat lucu namun itulah kenyataannya.

 

Lalu apa yang terjadi? Apakah KBBI salah mengartikannya? Tentu tidak, inilah salah kaprah yang terlanjur mengendap di masyarkat kita mengenai pengertian pulsa.

 

Sebenarnya pulsa yang di maksud dalam kalimat diatas adalah voucher, atau dalam bahasa Inggris yang disebut sebagai "prepaid credits/kredit prabayar yang digunakan untuk menggunakan layanan suatu provider".

 

Voucher inilah yang dapat berbentuk "fisik" (kartu yang berisi kode pengisian pulsa) atau "non-fisik" (ditransfer langsung melalui media elektronik).

 

Jadi, mulai sekarang, jika ada penggunaan kata "pulsa fisik" maupun "pulsa non-fisik/elektrik/elektronik" maka harap diingat bahwa hal itu sebenarnya merujuk pada"voucher isi ulang fisik" dan juga "voucher isi ulang non-fisik/elektrik/elektronik".

 

Pada kemunculannya pertama kali, para provider di Indonesia menggunakan istilah Voucher Isi Ulang karena memang tujuannya untuk menambah/mengisi ulang kembali nilai kredit pulsa pada akun nomor prabayar yang kita gunakan.

 

Alih-alih mensosialisasikan kata tersebut menjadi kata baku untuk pembelian kredit para pelanggan prabayar-nya, para provider justru beralih menggunakan istilah pulsa yang disama-artikan dengan Voucher Isi Ulang :).

 

itulah kekuatan dari perubahan kebudayaan yang memang mengatur sebagian besar hidup kita, sehingga mau tidak mau provider Indonesia lebih memilih kata pulsa daripada Voucher Isi Ulang dengan pertimbangan lebih familiar di masyarakat kita.

Pulsa adalah...

Jadi dari berbagai penjelasan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa pulsa adalah satuan perhitungan biaya telepon yang kita bayar di depan (prabayar) untuk dapat menggunakan layanan dari suatu provider.

 

Provider akan memotong nilai kredit pulsa kita sesuai dengan biaya pemakaian layanan. Bisa juga diartikan pulsa adalah sejenis uang namun berbentuk tidak nyata dan hanya bisa ditukar dengan waktu nelpon. jumlah sms atau paket data internet.

 

Pulsa Fisik / Voucher Fisik

Pulsa fisik/Voucher fisik adalah voucher isi ulang yang pertama kali ada sebelum munculnya pulsa elektrik/voucher elektrik.

 

Produk voucher fisik ini dibuat oleh para provider pulsa di Indonesia untuk para pelanggan prabayarnya agar dapat terus menggunakan layanan yang diberikan.

 

Cara penggunaaan voucher fisik ialah dengan menggosok bagian timah pelindung nomor voucher, lalu memasukkan angka-angka rahasia yang tersembunyi di dalamnya sesuai dengan prosedur dan kebijakan masing-masing penyedia layanan.

Voucher Pulsa

 

Seringkali kebanyakan dari kita kurang hati-hati dalam menggosok bagian pelindung voucher tersebut, sehingga menyebabkan angka rahasia yang tersembunyi dibaliknya setelah digosok menjadi tidak terbaca.

 

Kalau sudah begini, kita sendiri kan yang rugi, iya kalau cuma 1 angka yang tidak terbaca mungkin kita bisa menebak angka yang mirip atau mencoba-coba satu persatu angka dari 0-9 sampai berhasil masuk dengan syarat maksimal percobaan pengisian mengikuti kebijakan masing-masing provider.

 

Jika tidak bisa-bisa maka kartu kita akan diblokir karena terus-terusan salah memasukkan angka voucher. Tetapi kalau sudah 2 -3 angka yang tidak terbaca sama sekali/hilang lebih baik pasrah saja :).

 

Disamping voucher fisik ada juga voucher elektrik, apa yang dimaksud dengan voucher elektrik? voucher elektrik adalah salah satu jenis voucher isi ulang yang dikeluarkan oleh provider yang hanya dapat di-top up oleh chip khusus keluaran provider yang telah diotorisasi penggunaannya untuk melakukan top up voucher isi ulang.

 

Jenis voucher ini tidak berbentuk karena saat digunakan / di top up maka akan langsung otomatis terisi sesuai dengan nominal yang diinginkan ke nomor handphone yang dituju.

 

Pulsa fisik/Voucher Fisik dari segi Kemudahan dan Ekonomi

Dari sisi kemudahan pengisian pulsa, voucher fisik jelas tidak praktis dan dari sisi ekonomi produksi voucher fisik memerlukan biaya yang tinggi mulai dari biaya pencetakan voucher, pemberian angka unik, pelapisan timah pelindung hingga proses packing.

 

Dengan pertimbangan itulah akhirnya muncul jenis voucher baru di Indonesia yaitu voucher elektrik atau yang biasa kita sebut dengan pulsa elektrik.

 

Pulsa Elektrik / Voucher Elektrik

Pulsa elektrik baik dari segi ekonomi maupun dari segi kemudahan jelas jauh lebih unggul dibandingkan dengan voucher fisik, lebih mudah, lebih murah, lebih gampang dan yang paling disukai oleh kita-kita ialah pulsa langsung masuk ke nomor telepon yang dituju tanpa harus ada campur tangan dari kita sebagai End User.

 

Disamping sisi baiknya ada juga kelemahannya yaitu sangat bergantung pada kestabilan jaringan operator yang digunakan maupun keadaan waktu saat melakukan pengisian.

 

Sebagai contoh jika kita melakukan top up M-Kios maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi pulsa hanya beberapa detik saja, menurut pengalaman kami pulsa masuk ke hp konsumen sekitar 3-4 detik.

 

Tetapi jika kita melakukan top up pada saat jaringan sedang mengalami gangguan, maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama, bahkan ada kemungkinan terburuk yaitu stok di M-Kios terpotong tetapi pulsa tidak masuk/terlambat masuk ke pelanggan.

 

Pulsa elektrik/Voucher elektrik dapat di-isi oleh chip yang telah diotorisasi. Maksudnya giman sih? Maksudnya adalah tidak semua kartu yang kita gunakan dapat melakukan top up pulsa ke pelanggan, tapi hanya kartu-kartu / chip-chip khusus keluaran provider yang memang ditujukan untuk melakukan isi ulang voucher elektrik.

 

Berikut ini adalah contoh chip khusus tersebut :

  • M-Kios (Telkomsel)
  • M-Tronik (Indosat)
  • Dompul (XL-Axiata)
  • e-Axiz (Axis)
  • Dompet Three (Three)
  • Isi Esia (Esia)
  • F-kios (Flexi)

 

Selain chip diatas ada juga cara bisnis pulsa yang lebih mudah yaitu menggunakan layanan satu chip All Operator yang menyederhanakan isi ulang menjadi hanya memakai 1 chip untuk semua operator.

 

Tentu caranya dengan mendaftar menjadi agen pulsa/master dealer di salah satu server pulsa di kota Anda. Dan pada banyak situasi walaupun tidak selalu, harga pulsa yang diberikan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung ke Dealer Resmi operator juga didukung dengan format transaksi tanpa kode.

 

Pulsa Jadi Kebutuhan Sehari-hari...

Pulsa telah menjadi kebutuhan sehari-hari, bisa dibilang pulsa telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern saat ini.

Bagaimana tidak?

 

Jika dihitung pengeluaran anggaran untuk pembelian pulsa anggota keluarga dengan anggaran belanja beras dalam sebulan, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, pasti anggaran lebih besar diambil alih oleh pulsa.

 

Bisa kita lihat bahwa setiap harinya, jumlah pengguna telepon genggam atau handphone sudah semakin bertambah. Bahkan satu orang bisa menggunakan 2 sampai 4 handphone sekaligus.

 

Bahkan bagi orang-orang tertentu bisa menggunakan handpone lebih dari empat. Kebanyakan pengguna telepon seluler lebih memilih menggunakan kartu prabayar dibanding pascabayar. Dan tentu jenis kartu seperti ini memerlukan pengisian pulsa sebelum penggunaannya.

 

Seiring pertumbuhan pengguna handphone, konter penyedia pulsa isi ulang pun bermunculan dimana-mana terutama di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, konter pulsa dapat kita jumpai hampir disetiap tepi jalan begitu juga dengan kota-kota besar lainnya.

 

Seperti yang telah kita bicarakan sebelunya bahwa pulsa memiliki dua tipe pembayaran yaitu tipe prabayar dan pascabayar.

 

Sekitar 8 tahun yang lalu, masyarakat banyak yang berminat menggunakan pulsa pascabayar, dikarenakan harganya yang lebih murah. Lagian,kita tidak perlu takut tiba-tiba kehabisan pulsa.

 

Namun sekarang, masyarakat mulai beralih dan lebih suka menggunakan pulsa prabayar. Selain sekarang harganya jauh lebih murah, bonusnya juga semakin banyak dan variatif.

 

Jika kita melihat koran, majalah, televisi ataupun media semacamnya, pasti banyak iklan provider disertai promo-promo yang ditawarkan. Mulai dari bonus sms, bonus nelpon, bonus paket internet dan lain sebagainya. Ada yang dengan hanya membayar sedikit, bisa menelepon sepuasnya. Bahkan ada yang bertarif 0,- untuk sms ke sesama.

 

Masing-masing operator pulsa perang tarif untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Dan dengan adanya perang tarif tersebut, tentu yang diuntungkan adalah pengguna dan pembeli.

 

Perbandingan harga pengguna pulsa sekarang sangat berbeda sekali dengan saat awal-awal keluarnya telepon seluler. Dulu, tarif 500 per-sms atau 350 per-sms sudah dianggap sangat murah. Namun, jika tarif tersebut dipasang sekarang, tentu banyak konsumen akan beralih ke operator lain yang lebih murah.

 

Sekarang mendapatkan pulsa prabayar sangat mudah, mungkin itu juga yang menjadi salah satu faktor yang mendorong banyak orang beralih menggunakan pulsa prabayar.

 

Dulu, jika kita menggunakan pulsa prabayar dan pulsa tiba-tiba habis, kita harus mencari konter pulsa yang jaraknya belum tentu dekat dengan rumah kita, namun sekarang sangat banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membeli pulsa.

 

Apalagi untuk berbisnis pulsa, sekarang, siapa saja bisa terjun di bisnis ini, mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, karyawan, pemilik kios, bengkel, outlet, PNS, wirausahawan, pengangguran dan lain sebgainya.

 

Pembelian pulsa melalui ATM pun sekarang sudah bisa dilakukan dengan tarif pulsa yang sudah semakin murah. Untuk pembelian pulsa melalui ATM/M-banking hanya bisa membeli pulsa berbentuk elektrik saja. Berbeda dengan konter pulsa yang sudah bisa melayani pembelian pulsa baik berbentuk fisik maupun elektrik.

 

Sebenarnya penggunaan pulsa pascabayar juga memiliki kelebihan, yaitu kita tidak akan kehabisan pulsa. Kapanpun kita menelepon, sms, atau menggunakan internet sebanyak apapun, pulsa tidak akan habis. Namun, kelemahannya adalah jika kita tidak bisa mengontrol penggunaannya, maka tagihan di akhir bulan bisa sangat tinggi.

 

Sedangkan kelebihan pulsa prabayar bisa digunakan sesuai kebutuhan tanpa harus dipusingkan bayar tagihan pulsa bulanan. Adapun kelemahannya adalah bila anda tinggal jauh dari keramaian kota maka anda akan sulit mendapatkan pulsa prabayar (elektrik maupun fisik/voucher).

 

Pulsa elektrik dan voucher memiliki perbedaan, diantaranya adalah :

  • Pulsa elektrik dikirim melalui server/sms/telepon/internet/ATM.
  • Pulsa fisik/voucher berupa kartu isi ulang yang berisi beberapa digit nomor yang dirahasiakan dibalik screen abu-abu yang harus digosok untuk melihat angka yang tertera didalamnya.

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya perbedaan ini hanya menyangkut masalah bentuk saja, tarif dan promo yang ada tetap sama. Tidak ada yang dikurangi atau dtambahkan.

 

Akhirnya dengan pertimbangan inilah para pelanggan penyedia layanan lebih memilih voucher elektrik dibandingkan dengan voucher fisik karena kemudahan dan harganya yang lebih murah.

 

Artikel Terkait :

Web Replikasi Master Dealer

Nabila Sari
Jakarta

Member Area

  Nama Counter

  Password

Lupa Password ?

 Masukkan Email Anda

Statistik Real Time

Pengunjung : 7.744.476
Master Dealer Terdaftar : 1.510
Master Dealer Aktif : 505
5 PENDAFTAR TERAKHIR :

samrireload

08127561****

kapur 9

 

Sartika Ariani

08985432****

Bandung

 

Ahmad Fanani

08784545****

Jakarta

 

Ahmad Fanani

08784545****

Jakarta

 

Mohammad Ilham

08577527****

Bekasi

 


PANDUAN MITRA

  • Cara Menjadi Agen Pulsa
  • Cara Pendaftaran
  • Cara Isi Saldo/Deposit
  • Cara Transaksi
  • Harga Pulsa Elektrik
  • Harga Token listrik
  • Voucher Game Online
  • Cara Daftarkan Downline
  • Cara Setting SMS Buyer
  • Transaksi Pulsa Via BBM
  • Cara Isi Pulsa Via Telegram
  • Cara Isi Pulsa Via LINE
  • Transaksi Via App Android
  • Transaksi Via Nimbuzz
  • FAQ
  • PENDAFTARAN MASTER DEALER

    CARA DAFTAR JADI MASTER DEALER SILAHKAN KLIK : Cara Pendaftaran
    SMS CENTER

    085708892999
    085708993999
    085790644999
    085607551999
    082240514999
    082337056999
    081249949959
    081249949969
    089668212999
    089630803999

    NB: Jika 1 Center tidak merespon, segera kirim ulang SMS transaksi Anda ke SMS CENTER yang lain. Ketik :
    CENTER
    kirim ke salah satu sms center di atas untuk mengetahui SMS CENTER yang aktif.


    DOWNLOAD BROSUR

    brosur agenpulsatermurah.net

    CENTER TRANSAKSI ONLINE


    NIMBUZZ CENTER

    Nimbuzz Center

    market_trx1@nimbuzz.com
    market_trx2@nimbuzz.com
    market_trx3@nimbuzz.com
    market_trx4@nimbuzz.com

    Ketik sms dengan format :
    TambahNB.idNimbuzz@nimbuzz.
    com.PIN

    kirim ke sms center untuk Paralel Nimbuzz.


    Download Nimbuzz


    GTALK CENTER

    G-talk center

    ma.engine1@gmail.com
    ma.engine2@gmail.com


    TELEGRAM CENTER

    Telegram Center
    @MAcenterBot


    APLIKASI ANDROID

    Transaksi Via Apliasi Android lebih mudah silahkan Download Aplikasinya

    Aplikasi Android

    CUSTOMER SERVICE


    Layanan Komplain
    Ready Setiap Hari Mulai Pukul 06:00 - 23:00 WIB

    CALL CENTER
    081335636664


    Customer Service


    (Hanya Melayani Komplain Transaksi dan deposit. Setiap Komplain Mohon sertakan Kode ID Anda)
    Kirim Pesan Sekarang
    _

    Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Agen Pulsa Termurah ya... Terima kasih.